Presiden Jokowi Sampaikan Lima Poin Solusi Penanggulangan Bencana - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Tuesday, February 4, 2020

Presiden Jokowi Sampaikan Lima Poin Solusi Penanggulangan Bencana


JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan lima poin solusi dari penanggulangan bencana dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) BNPB 2020 di Sentul International Convention Center, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo mengatakan, Presiden Jokowi menilai masih banyak tantangan dalam menyikapi ancaman maupun bencana mulai dari sering tergagap dalam tahapan manajemen bencana, memperbaiki kerusakan infrastruktur, penanganan penyintas, hingga pemulihan.
Ia menambahkan, Kepala Negara juga menyampaikan lima poin sebagai solusi dalam penanggulangan bencana. Pertama, seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah harus bersama-sama, bersinergi untuk upaya pencegahan, mitigasi, dan meningkatkan kesiapsiagaan.
"Pemerintah daerah perlu melakukan pengendalian tata ruang berbasis pengurangan risiko bencana. Sigap terhadap potensi ancaman bahaya sesuai karakteristik wilayah, baik geologi, vulkanologi, limbah, hidrometeorologi, biologi, pencemaran lingkungan," kata Agus dalam keterangannya, Selasa (4/2/2020).
Kedua, lanjut dia, Jokowi ingin kepala daerah harus segera menyusun rencana kontinjensi termasuk penyediaan sarana dan prasarana kesiapsiagaan yang dapat betul-betul dilaksanakan semua pihak sehingga siap menangani bencana secara tuntas.
"Ketiga, penanggulangan bencana harus dilaksanakan dengan pendekatan kolaboratif, pentahelix yaitu kolaborasi antara unsur pemerintah, akademisi dan peneliti, dunia usaha, masyarakat, serta dukungan media massa untuk dapat menyampaikan pemberitaan kepada publik," ucapnya.
Keempat, lanjut dia, Jokowi ingin pemerintah pusat dan pemerintah daerah meningkatkan kepemimpinan dan pengembangan sumberdaya manusia yang andal dalam penanggulangan bencana, penataan kelembagaan yang mumpuni, termasuk program dan anggaran yang harus ditingkatkan sesuai prioritas RPJMN 2020-2024.
"Kelima, Panglima TNI dan Kapolri untuk turut serta dalam mendukung upaya penanggulangan bencana termasuk penegakan hukum. Pengerahan dan dukungan secara nasional hingga ke tataran daerah yang dapat bersinergi dengan baik bersama pemerintah pusat dan daerah," tuturnya.
Rakornas PB 2020 ini merupakan kegiatan tahunan yang selalu diselenggarakan BNPB untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah, BPBD, serta para pemangku kepentingan terkait guna membahas tantangan dan mendapatkan rumusan kebijakan, serta strategi penanggulangan bencana yang lebih baik di masa depan.(erh)

No comments:

Post a Comment