PLN Hadirkan PLTMG Merauke untuk Perkuat Kelistrikan di Papua - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Sunday, September 22, 2019

PLN Hadirkan PLTMG Merauke untuk Perkuat Kelistrikan di Papua

Guna memperkuat sistem kelistrikan di Papua, PT PLN Unit Induk Pembangunan Papua dan Papua Barat (UIP2B) tengah menyiapkan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Merauke.
Manager Unit Pelaksana Proyek PLN UIP Papua, Hendra Fitria menyampaikan, saat ini pihaknya telah melakukan persiapan dengan tahapan awal, yakni sinkronisasi pada PLTMG berdaya 20 MW.
Sinkronisasi adalah tahapan untuk menguji kemampuan dan kesiapan pembangkit menyalurkan daya listrik ke jaringan listrik yang ada di suatu daerah,” katanya, di Kota Jayapura, Papua.
Menurut Hendra, tahap awal sinkronisasi ini mulai pada 14 September 2019 dan akan selesai 28 September 2019. Setelah itu, dapat dilanjutkan ke tahap pengujian layak operasi.
Hendra juga mengatakan, pembangunan PLTMG yang terletak di Pelabuhan Perikanan Samudera, Kelurahan Karang Indah, Merauke itu sudah dimulai sejak 2017 lalu dan kini progres pembangunannya 93,8 persen.
Di mana kini daya mampu sistem kelistrikan Merauke sekitar 18,33 MW. Sebab beberapa mesin PLTD sedang dalam tahap pengecekan dan perawatan berkala, sementara beban puncak dapat mencapai 19 MW,” jelas Hendra.
Keadaan ini, kata Hendra, sangat menjadi perhatian bagi pihak PLN agar mengurangi pemadam, dengan begitu masyarakat bisa menikmati listrik dengan nyaman.
PLTMG Merauke merupakan salah satu dari dua pembangkit yang sedang dibangun di Kabupaten Merauke. Sedangkan, satunya PLTMG Merauke 2, dengan daya 20 MW di lokasi yang bersebelahan. Di mana pembangunan ini, bagian program 35.000 MW yang dicanangkan pemerintah beberapa tahun lalu,” terang Hendra.
Selain PLTMG Merauke, kata Hendra, pihak PT PLN UIP2B juga saat ini sedang mempersiapkan operasional PLTMG Biak di Biak Numfor dan PLTMG Peaker di Jayapura.

No comments:

Post a Comment