Menteri Muda Harus Punya Terobosan dan Mampu Lawan Budaya 'Asal Bapak Senang' - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Friday, July 12, 2019

Menteri Muda Harus Punya Terobosan dan Mampu Lawan Budaya 'Asal Bapak Senang'


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta partai koalisi untuk mengusulkan kader-kader mudanya untuk dijadikan calon menterinya. Partai koalisi pendukungnya pun menyambut baik usulan tersebut.
Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menjelaskan, sebenarnya kalangan muda maupun senior tidak terlalu penting untuk mengisi posisi menteri di Kabinet Kerja Jilid II.
Menurut Pangi, justru Jokowi harus berupaya untuk memujudkan janji-janjinya pada saat kampanye atau janji-janji yang belum sempati terwujud.
"Menurut saya muda tidak jadi penting, yang jauh lebih penting adalah bagaimana upaya mereka menyalamatkan bangsa. jadi kalau hanya usia sama kaya misalnya anggota DPR. Mau pria wanita kalau korupsi, ya sama saja pada akhirnya," kata Pangi kepada Okezone, Sabtu (13/7/2019).
Pangi berharap, dalam menunjuk menteri Presiden Jokowi harus bisa memastikan bahwa calon menteri tersebut memiliki kualitas yang baik, memiliki pengalaman dalam berpolitik dan tidak mengedapankan budaya Asal Bapak Senang (ABS).
"Yang jelas, harus punya kapasitas. punya terobosan, mampu melawan budaya ABS," ucapnya.
Selanjutnya, Pangi menyoroti seorang menteri di kabinet Jokowi harus memiliki komunikasi yang baik antar lintas kementerian, pasalnya di Kabinet Kerja Jilid I, komunikasi lintas menteri menjadi kritik di masyrakat.
"Harus cair. komunikasin antar lintas menetri bagus kan soal koordinasi antar menteri di Kabinet Jokowi Jilid 1 sering jadi kritikkan, sering miss komunikasi setiap menteri, karena beda kebijakan, kan enggak bisa menteri itu jalan sendiri-sendiri," tuturnya.(fid)

No comments:

Post a Comment