Gagasan Presiden Jokowi Terkait Normalisasi Sungai Ciliwung - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Thursday, September 13, 2018

Gagasan Presiden Jokowi Terkait Normalisasi Sungai Ciliwung

Seoul – Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa Sungai Cheonggyecheon merupakan sebuah inspirasi yang sangat bagus bagi normalisasi sungai Ciliwung. Tahun 2003 sungainya tersebut memiliki kondisi yang serupa dengan Ciliwung dan dengan waktu dua tahun tiga bulan sangat bersih sekali seperti zaman dahulu kala.

“Sebuah sungai di tengah kota yang sangat bersih sekali, Sungai Cheonggyecheon. Sebuah impian yang sangat bagus kalau di Jakarta ada Ciliwung bisa menjadi bersih seperti ini, dan itu bisa,” kata Jokowi.

Sungai Cheonggyecheon ini juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Korea Selatan. Jokowi mengatakan, jika kondisi sungai yang berada di tengah kota Seoul itu sebelumnya belum bersih, namun kini telah disulap menjadi sungai yang bersih dan indah.

“Ini juga sama, tahun 2003 kurang lebih sama (Sungai Ciliwung) tetapi hanya dikerjakan dalam waktu 2 tahun 3 bulan, sungainya jadi bersih sekali seperti zaman dahulu kala,” tandas Jokowi

Wali Kota Seoul sebelumnya, Lee Myung-bak yang berhasil membuat sungai Cheonggyecheon tersebut menjadi bersih, yang kemudian terpilih menjadi Presiden Korea Selatan periode 2008-2013. Oleh karena itu, sebagai warga kehormatan Seoul, Presiden Ketujuh RI ini berencana untuk meminta resep membangun sungai ini kepada Mayor Park, tokoh yang pada 2017 lalu, memberikan gelar warga kehormatan Seoul kepada Jokowi. Usaha Presiden Jokowi ini diharapkan dapat membawa optimisme bagi upaya melakukan normalisasi Ciliwung.




Sumber

No comments:

Post a Comment