Update Terbaru Pembangunan IKN, Tahap Awal Rampung Akhir 2022 - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Friday, December 30, 2022

Update Terbaru Pembangunan IKN, Tahap Awal Rampung Akhir 2022

 


Jakarta, CNBC Indonesia - Kantor Staf Presiden (KSP) telah menyelesaikan verifikasi lapangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timu, Selasa (23/8/2022).

Mengutip keterangan resmi, Tenaga Ahli Utama KSP Wandy Tuturoong mengemukakan kunjungan lapangan tersebut untuk memastikan pembangunan IKN sesuai dengan perencanaan yang dilakukan.

Wandy menjelaskan, pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur terbagi menjadi empat tahapan. Yaitu, persiapan, pembangunan, pemindahan, dan penyelenggaraan pemerintahan.

"Saat ini sudah masuk dalam tahap persiapan yang ditargetkan selesai akhir tahun 2022," kata Wandy.

Wandy menuturkan, pembangunan IKN tahap persiapan meliputi pembangunan hunian bagi pekerja, jalan akses dan sentra-sentra logistik, serta penyelesaian pasokan air minum dan air bersih.

"Untuk hunian pekerja sedang dibangun 22 unit apartemen dengan tinggi empat lantai. Hunian ini diperuntukkan bagi enam belas ribu enam ratus pekerja. Saat ini juga sedang dibangun jalur-jalur logistik untuk memudahkan pembangunan infstratruktur," jelasnya.

"Untuk pasokan air minum dan air bersih sedang dibangun bendungan Sepaku. Selain untuk IKN juga untuk kebutuhan air baku kota Balikpapan," tambahnya.

Wandy juga melihat, di lapangan secara bersamaan juga sedang dilakukan pembangunan lahan atau land development untuk pembangunan infrastruktur, seperti hunian, kantor pemerintah, dan istana Presiden.

"Diharapkan pembangunan lahan bisa cepat diselesaikan, agar segera dibangun hunian dan kantor-kantor pemerintah, yang direncanakan dimulai pada awal 2023," ucapnya.

No comments:

Post a Comment