Luncurkan 'Garuda di Lautku', KSAL Ajak Warga Makassar Jaga Ekosistem Laut - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Saturday, January 18, 2020

Luncurkan 'Garuda di Lautku', KSAL Ajak Warga Makassar Jaga Ekosistem Laut


Foto: Nur Abdurrahman/detikcom
Makassar - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menghadiri launching gerakan penanaman terumbu karang kebangsaan 2020. Gerakan itu bertajuk 'Garuda di Lautku'.

Kegiatan dilaksanakan di Wisma Negara Center Point of Indonesia, Makassar, Jumat (17/1/2020). Penanaman terumbu karang di dasar laut Pulau Kodingareng Keke, itu akan digelar Maret 2020, dan akan membentuk simbol burung garuda.

Dalam sambutannya, Siwi mengatakan gerakan transplantasi terumbu karang bertema Garuda di Lautku bukan hanya gerakan simbolis semata. Tapi juga merupakan upaya pelestarian sumber daya alam dan ekosistem laut, serta pembangunan jiwa kebangsaan warga negara Indonesia yang memiliki 2/3 luas wilayahnya adalah lautan.

"Gerakan Garuda di Lautku ini selain untuk menjaga ekosistem laut, juga memiliki makna kesetiaan mengawal kemerdekaan, merekatkan persaudaraan dan menjaga persatuan antar suku bangsa Indonesia, sesuai prinsip Bhinneka Tunggal Ika," ujar Siwi.

Selain itu, Siwi berharap nantinya, keberadaan simbol Garuda di Lautku di perairan Kodingareng Keke juga akan menjadi obyek wisata bahari baru di Makassar, yang membawa dampak ekonomi dan sosial bagi Makassar.

Sementara menurut ketua panitia gerakan Garuda di Lautku, yang juga Komandan Lantamal VI Makassar Laksamana Pertama Hanarko Djodi Pamungkas, menyebutkan, puncak penanaman terumbu karang pada 18 Maret mendatang terdiri dari beberapa kegiatan, termasuk juga akan dihadiri kapal Pinisi dan puluhan kapal instansi maritim lainnya, selain kegiatan open ship KRI Dewa Ruci, KRI Bima Suci, dan KRI Semarang-594.



"Saat ini sudah ada 500 penyelam yang akan terlibat dalam gerakan ini, jumlahnya masih akan bertambah lagi, nantinya kawasan ini akan jadi ikon wisata maritim di Makassar," tutur Hanarko.

Grand launching program Garuda di Lautku ini turut hadir sejumlah tokoh Sulsel, seperti Gubernur dan Wagub Sulsel, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman, Kapolda Sulsel Irjen Guntur Laupe, Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, dan mantan Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto.

Dalam acara ini, juga dimeriahkan pertunjukan tarian khas Sulsel dan nusantara, serta pertunjukan kolaborasi puluhan musisi yang membawakan beberapa lagu, seperti Bendera hingga Rumah Kita (mna/knv)
https://news.detik.com/berita/d-4863913/luncurkan-garuda-di-lautku-ksal-ajak-warga-makassar-jaga-ekosistem-laut?single=1

No comments:

Post a Comment