Presiden Jokowi Berencana Menambah Dana PNM - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Monday, December 3, 2018

Presiden Jokowi Berencana Menambah Dana PNM


Saat bertemu dengan sejumlah kelompok usaha mikro yang juga menjadi nasabah PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah akan menambah dana suntikan untuk PT PNM.
Dana tambahan ini, kata Jokowi untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas dan disalurkan ke kelompok-kelompok usaha mikro dan usaha kecil.
“Setelah mendapatkan kesimpulan kita ingin nanti suntikan untuk PMN ini akan kita lipatkan biar menyasar lebih banyak lagi, juga rupiah yang dipinjamkan kepada usaha-usaha mikro ini lebih besar,” kata Jokowi di Kelurahan Bantarjati, Kota Bogor, Ahad (2/12/2018).
Jokowi menilai, selama ini masyarakat hanya bisa mendapatkan pinjaman dalam jumlah yang terbatas, yakni sekitar Rp 1-2 juta.
Namun, tak sedikit masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan permodalan yang lebih besar.
Jokowi mengatakan program Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) dari PMN ini sudah dimulai sejak akhir 2015 dan memiliki nasabah sebanyak 3,9 juta.
Kendati demikian, Jokowi menyebut hingga kini jumlah suntikan dana PNM yang akan ditambah masih dalam tahap penghitungan.
Presiden juga menargetkan pada akhir tahun ini jumlah nasabah dapat meningkat hingga empat juta orang.
“Ini memerlukan sebuah modal yang lebih sehingga pemerintah memang harus turun tangan ikut mengatasi ini yaitu menyuntikkan lagi ke PMN,” jelas Presiden.
Nantinya, dana PNM ini akan disalurkan melalui kelompok-kelompok yang dibentuk di setiap RT/RW. Mereka juga akan mendapatkan bimbingan pengelolaan dana pinjaman.
Selain PNM, pemerintah juga mengembangkan Bank Wakaf Mikro. Bank Wakaf Mikro ini dikembangkan di pondok pesantren di seluruh Indonesia yang juga menyasar usaha kecil dan mikro.
“Ini juga akan terus kita pantau agar juga bisa menjadi lebih banyak dan lebih besar lagi,” ujarnya.
Sumber : https://bidikdata.com/presiden-jokowi-berencana-menambah-dana-pnm.html

No comments:

Post a Comment