Di Sulsel, Jokowi Sebut Dana Desa Hasilkan 48 Ribu PAUD - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Tuesday, December 25, 2018

Di Sulsel, Jokowi Sebut Dana Desa Hasilkan 48 Ribu PAUD


Jakarta - Selama empat tahun program dana desa dijalankan, pemerintah pusat telah mengucurkan uang untuk pembangunan di desa hingga Rp 187 triliun. Hasil dari dana itu menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) salah satunya telah menghasilkan 48 ribu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di seluruh Tanah Air.

"Ada 48 ribu PAUD yang telah dibangun dari dana desa di seluruh Tanah Air, 6.900 pasar desa yang dibangun dari dana desa, dan lainnya seperti jembatan, saluran irigasi, embung, air bersih, dan BUMDes. Banyak sekali yang tidak bisa saya sebut satu per satu," kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Selasa (25/12/2018).

Hal itu ia sampaikan dalam acara Evaluasi Kebijakan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Tahun 2018 yang digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (22/12/2018).

Jokowi melanjutkan, dana desa yang setiap tahunnya selalu bertambah juga telah berhasil membangun jalan desa sepanjang 158 ribu kilometer serta 18.400 posyandu.

"Rp 187 triliun selama empat tahun adalah uang yang sangat besar. Belum pernah dalam sejarah kita sebagai bangsa menggelontorkan uang sebesar ini untuk desa. Belum pernah!" ujarnya.

Sebagai informasi, acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih 1.300 pendamping dana desa, 2.200 kepala desa, hingga 1.200 kader desa yang berasal dari Provinsi Sulsel.

Selain meninjau penggunaan dana desa di Makassar Jokowi juga melakukan kunjungan ke Kota Palopo, Kabupaten Tana Toraja, dan Kabupaten Banggai pada Minggu (23/12/2018).

Turut menyertai Jokowi yaitu Ibu Negara Iriana, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Staf Khusus Presiden Adita Irawati, dan Komandan Paspampres Brigjen TNI Maruli Simanjuntak.(prf/ega)

No comments:

Post a Comment