Menteri Susi Pimpin Penenggelaman 125 Kapal Pencuri Ikan - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Tuesday, August 21, 2018

Menteri Susi Pimpin Penenggelaman 125 Kapal Pencuri Ikan



Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menyampaikan bahwa sebanyak 125 kapal yang menangkap ikan secara ilegal di kawasan perairan Indonesia ditenggelamkan secara serentak di 11 lokasi Tanah Air.

Penenggelaman kapal dilakukan berdasarkan keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde) untuk 116 kapal dan berdasarkan penetapan pengadilan untuk 9 kapal. Kapal yang ditenggelamkan mayoritas merupakan kapal perikanan berbendera asing dengan jumlah 120 kapal.

Menurut Menteri Susi, penenggelaman kapal harus menjadi bagian penting dalam rangka melakukan satu peningkatan hukum yang akan membuat aparat hukum dihormati dan untuk menjaga kedaulatan sumber daya laut kita dan kehormatan negara dan bangsa Indonesia. Peledakan ini diharapkan akan membuat pelaku penangkapan ikan secara ilegal tidak berani lagi masuk ke Indonesia.

“Ini bukan hanya sekadar gaya-gayaan, tidak boleh, sebab itu amanah undang-undang dan setiap warga negara dan pejabatnya tidak perlu mempertanyakan,” jelasnya.

Untuk itu diharapkan kepada KKP untuk terus mengembangkan kerjasama dan koordinasi dengan berbagai lembaga terkait untuk mengoptimalkan pemberantasan tindak pidana pencurian ikan di Nusantara.

No comments:

Post a Comment