Hoaks Seputar Vaksin Covid-19 Sebabkan Gagal Ginjal Akut, Simak Faktanya - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Sunday, October 30, 2022

Hoaks Seputar Vaksin Covid-19 Sebabkan Gagal Ginjal Akut, Simak Faktanya

 



Temuan kasus penyakit gagal ginjal akut pada anak menimbulkan kekhawatiran masyarakat, sejumlah informasi pun bermunculan di antaranya tentang tudingan terhadap vaksin Covid-19 sebagai penyebabnya.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri sejumlah informasi seputar informasi yang menyebut vaksin Covid-19 sebagai penyebab gagal ginjal akut pada anak. Dari hasil penelusuran, sejumlah ahli pun membatah informasi tersebut dan menyatakan hoaks.

Gagal Ginjal Akut Disebabkan Air Susu Ibu yang Divaksin Covid-19

 Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim gagal ginjal akut disebabkan air susu ibu yang sudah divaksin Covid-19. Infomrasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 22 Oktober 2022.

Klaim gagal ginjal akut disebabkan air susu ibu yang sudah divaksin Covid-19 berupa tulisan sebagai berikut.

"Menyalahkan paracetamol adalah langka cuci tangan yang sedari dulu sudah dipakai untuk anak-anak dan tidak ada masalah pada ginjal (akut), gagal ginjal akut baru muncul seiring adanya paksainasi anak, ibu hamil/menyusui, yang tidak ditinjau keamanannya."

Disertai dengan tangkapan layar unggahan sejumlah akun Twitter seputar penyebab gagal ginjal akut.

Benarkah klaim gagal ginjal akut disebabkan air susu ibu yang sudah divaksin Covid-19? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.


Gagal Ginjal Akut pada Anak karena Vaksin Covid-19

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim gagal ginjal akut pada anak karena vaksin Covid-19. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Twitter, pad 17 Oktober 2022.

Unggahan klaim gagal ginjal akut pada anak karena vaksin Covid-19 berupa tulisan sebagai berikut.

"Selama rentang 2021-2022 ada DUA kasus Misterius menyerang anak2 yg akibatkan kematian: 1) Hepatitis 2) Gagal Ginjal Akut.

Misteriusnya ini krn tidak ada satupun pihak yg mau mengakui bhw kedua kasus ini berasosiasi dg VADE krn Vaksin COVID19."

Disertai dengan tautan artikel berjudul "Gagal Ginjal Akut Misterius Serang 152 Anak, Apa Penyebabnya?" yang dimuat situs cnbcindonesia.com.

Benarkah klaim gagal ginjal akut pada anak karena vaksin Covid-19? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com di sini.



Sumber

No comments:

Post a Comment