Meski Herd Immunity Tinggi, 4 Kelompok Ini Tetap Rentan Isi Daftar Angka Kematian Akibat COVID-19 - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Wednesday, August 31, 2022

Meski Herd Immunity Tinggi, 4 Kelompok Ini Tetap Rentan Isi Daftar Angka Kematian Akibat COVID-19

 


Hasil survei serologi menunjukkan bahwa 98,5 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi COVID-19. Kendati demikian, kasus kematian akibat COVID-19 masih menunjukkan penambahan.

Terkait hal ini Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan bahwa herd immunity atau kekebalan kelompok ibarat sebuah payung. Bila dipakai ramai-ramai dalam kondisi hujan rintik-rintik pun pasti ada yang di pinggir menjadi basah.

 

Demikian pula di tengah herd immunity yang tinggi ada beberapa orang yang tak terlindungi sepenuhnya. Wiku mengatakan setidaknya ada 4 kelompok yang mengisi daftar angka kematian yakni:

-Lansia tanpa atau dengan booster tapi sudah menurun imunitasnya

“Lansia normal mulai menurun imunitas dari vaksin COVID setelah 3 bulan, dewasa normal setelah 6 bulan,” kata Wiku dalam pesan tertulis dikutip Jumat (12/8/2022).

-Komorbid atau orang yang memiliki penyakit penyerta baik lansia maupun dewasa muda

-Imunitas individualnya fluktuatif dan sedang menurun, kurang istirahat, olahraga tidak teratur

-Tidak konsisten disiplin protokol kesehatan terutama menggunakan masker dan hand sanitizer atau cuci tangan.

 “Maka empat kelompok atau kombinasinya inilah yang menjadi kelompok pengisi bed (tempat tidur) rumah sakit dan terbilang dalam daftar angka kematian,” ujar Wiku dalam keterangan tertulis dikutip Jumat (12/8/2022).

No comments:

Post a Comment