Tuntut Pemerintah dan DPR Segera Sahkan DOB Papua, Mahasiswa Demo di Patung Kuda - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Thursday, June 9, 2022

Tuntut Pemerintah dan DPR Segera Sahkan DOB Papua, Mahasiswa Demo di Patung Kuda





Sejumlah mahasiswa tergabung dalam Forum Mahasiswa Orang Asli Papua untuk Daerah Otonomi Baru (DOB) Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi menggelar aksi demonstrasi di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Selasa 7 Juni 2022.

Charles Kosay selaku koordinator aksi meminta kepada pemerintah pusat baik Presiden Joko Widodo dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) agar segera mengesahkan dan menandatangani undang-undang daerah otonomi baru (DOB) di 3 Provinsi Papua yaitu: Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan Tengah. 

"Karena kami melihat DOB ini adalah solusi dan strategi untuk pembangunan di tanah Papua. Sehingga dengan itu kami turun hari ini untuk mendesak agar Undang-Undang tersebut bisa disahkan dalam bulan ini," ujar Charles Kosay kepada awak media di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Selasa.

"Kami hari ini ada di sini tidak ada paksaan atau kepentingan pribadi. Kami benar-benar untuk menyuarakan aspirasi Papua," tegasnya.

Charles membeberkan, di daerah Papua ada provinsi yang tidak bisa mengelola masalah dan memberikan pelayanan masyarakat dengan baik. Sebab, beberapa kabupaten ini masih dalam daerah terisolasi. 

Kemudian, masalah faktor kesehatan dan pendidikan juga belum terjangkau, guru atau tenaga pengajar maupun tim medis atau tenaga medis itu belum bisa ke daerah tertentu karena pembangunan jalannya belum ada. 

Selain itu, kata Charles, ada pula gedung yang belum direnovasi dengan baik, sekolahnya tidak begitu baik. Dan itu karena faktor kelemahan pemerintah provinsi. 

"Sehingga dengan adanya pemekaran ini akan membantu untuk membuka daerah-daerah terisolasi tersebut," tuturnya.

Lanjut, dikatakan Charles, dengan adanya pemekaran itu semua akan berdampak positif bagi orang asli Papua, dari segi politik dalam UU Otsus kemarin sudah disebut dalam pasal 76 adanya kewajiban untuk meningkatkan pelayanan publik dan mengangkat hak dan martabat orang asli Papua dari segi ekonomi dan politik. 


Sumber

No comments:

Post a Comment