Survei SMRC: Kepuasan Publik ke Jokowi Naik jadi 76,7% karena Mudik - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Thursday, June 2, 2022

Survei SMRC: Kepuasan Publik ke Jokowi Naik jadi 76,7% karena Mudik


 Jokowi di acara tanwir pemuda muhammadiyah. ©Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mencatat peningkatan kepuasan publik terhadap kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebanyak 76,7 persen responden menyatakan puas terhadap kinerja Jokowi. Angka tersebut naik sekitar 11,2 persen dari survei pada 12-15 April 2022 dengan 65,5 persen.

"Mayoritas warga, sekitar 76,7%, merasa sangat/cukup puas dengan kerja Presiden Jokowi. Yang kurang/tidak puas sekitar 20,9%. Sementara yang tidak menjawab sekitar 2,4%," kata Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas dalam siaran persnya yang diterima merdeka.com, Rabu (18/5).

Sirojuddin menjelaskan, tren kepuasan publik ke Jokowi naik karena terkait dengan penyelenggaraan mudik 2022 dan penanganan Covid-19. Sebanyak 76 persen publik merasa sangat atau cukup puas dengan kerja pemerintah dalam penyelenggaraan mudik tahun ini.

"Kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi berhubungan dengan penilaian warga atas kinerja pemerintah dalam menangani wabah Covid-19 dan penyelenggaraan mudik," ungkap Sirojuddin.

Sementara itu, publik yang merasa puas dengan kinerja pemerintah dalam menangani Covid-19 juga tinggi. SMRC mencatat, 74,6 persen publik menyatakan puas dengan penanganan Covid-19.

"Sementara yang menilai kurang/tidak puas sekitar 22% Yang tidak tahu/tidak menjawab sekitar 3%," ujar dia.

Sentimen positif atas kinerja Pemerintah Pusat menangani COVID19 pada survei terakhir 10-12 Mei 2022 (75%) mengalami kenaikan dibanding hasil survei sebelumnya dalam setahun terakhir yang rata-rata di bawah 70%.

Survei ini dilakukan pada 10-12 Mei 2022. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD).

Dari metode ini, sebanyak 1.245 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Margin of error survei diperkirakan ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

No comments:

Post a Comment