KBRI Seoul mendorong dorong kerja sama ekspor produk UMKM dengan BNI - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Friday, June 24, 2022

KBRI Seoul mendorong dorong kerja sama ekspor produk UMKM dengan BNI

 


 

Kedutaan Besar Repubik Indonesia (KBRI) Seoul bersama PT Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk terus mendorong kerja sama perdagangan produk Indonesia di Korea Selatan, melalui event Imported Goods Fair (IGF) 2022 yang berlangsung di Coex Seoul pada 23-25 Juni 2022.

Dalam kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Korea Importers Association (KOIMA) tersebut, KBRI Seoul, BNI, Kementerian Perdagangan memboyong produk-produk UMKM binaan BNI untuk promosi serta mempertemukan
produsen dan pemasok (supplier) luar negeri.

Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies dalam pernyataan di Jakarta, Kamis, mengungkapkan Negeri K-Pop ini memiliki potensi pasar yang besar bagi produk UMKM Indonesia mengingat 82 persen penduduk Korea Selatan tinggal di perkotaan dan memiliki usia harapan hidup terpanjang.

"Dengan adanya kerja sama BNI dengan KOIMA, kami mengharapkan BNI dapat menjadi pintu gerbang pagi perusahaan Indonesia untuk masuk ke pasar Korea Selatan yaitu dengan secara langsung mempertemukan dengan importirnya,
sekaligus menguatkan peran kami sebagai bank global asal Indonesia," katanya. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara BNI dengan KOIMA yang dilakukan oleh Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies dengan Executive Vice Chairman KOIMA Kim Young-Sun.

Penandatanganan MoU yang juga disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto serta Chairman & CEO KOIMA Kim Byung-Kwan ini mencakup kerja sama dalam program business matching dan pertukaran informasi yang berhubungan dengan eksportir Indonesia dan importir Korea Selatan.

Pada event IGF 2022, Paviliun Indonesia juga membawa mitra UMKM binaan BNI dalam program Xpora untuk berpartisipasi dan mempromosikan produk-produk unggulan seperti mebel dan dekorasi kayu, perhiasan perak dan mutiara hingga kopi dan produk makanan.

Kerja sama KBRI, BNI, dan Kementerian Perdagangan dalam event IGF 2022 ini diharapkan bisa memberikan dampak langsung kepada nasabah Xpora. Terlebih, BNI mulai menerima banyak permintaan dari anggota KOIMA untuk melakukan business matching selama pameran.

BNI pun telah bekerja sama dengan Kedutaan Besar Indonesia di Korea Selatan serta Kementerian Perdagangan untuk terus menggali potensi pasar di Korea Selatan, termasuk dengan mendorong kolaborasi bersama diaspora.

"Hal ini merupakan upaya untuk menciptakan banyak peluang investasi di luar negeri, menambah potensi lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia, serta mendorong UMKM dalam negeri untuk masuk pasar internasional, sekaligus
menarik banyak potensi penanaman modal dari luar negeri. Kami juga menyediakan fasilitas permodalan bagi para pelaku UMKM diaspora," kata Corina.

No comments:

Post a Comment