Terus Bergulir Wacana Jokowi 3 Periode, Sekretaris Kabinet dan KSP Angkat Bicara - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Friday, April 8, 2022

Terus Bergulir Wacana Jokowi 3 Periode, Sekretaris Kabinet dan KSP Angkat Bicara

 



Jakarta - Wacana perpanjangan masa jabatan Jokowi 3 periode terus bergulir. Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengklaim menampung aspirasi masyarakat tentang wacana Jokowi 3 periode.


Wacana Jokowi 3 periode

1. Jokowi menegur menteri


Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegur menterinya yang menyuarakan perpanjangan masa jabatan presiden dan penundaan Pemilu 2024. Teguran ini Jokowi sampaikan dalam Sidang Kabinet Paripurna yang dihadiri oleh seluruh menteri hingga kepala lembaga. “Jangan sampai ada lagi yang menyuarakan mengenai penundaan, perpanjangan, ndak!” kata Jokowi, pada Rabu, 6 April 2022.


2. Moledoko minta semua pihak berhenti bahas wacana Jokowi 3 periode


Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko meminta agar semua pihak berhenti membicarakan perpanjangan masa jabatan presiden. Menurut Moeldoko, Jokowi sudah memiliki sikap yang jelas akan taat konstitusi. Ia melarang berbagai pihak berpolemik tentang jabatan presiden menjadi tiga periode.


“Presiden sudah tegas mengatakan seperti itu (taat konstitusi). Jangan jadi bahan gorengan yang enggak berkualitas,” kata Moeldoko, Rabu, 6 April 2022.


3. Mahasiswa diizinkan demonstrasi


Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini mempersilakan mahasiswa untuk demonstrasi menyampaikan aspirasi, termasuk mengenai perpanjangan masa jabatan presiden. Namun, Faldo meminta demonstran tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) dan ketertiban.


“Kami harap demonstrasi mahasiswa selalu memperhatikan prokes dan ketertiban. Mau aksi sebesar apa pun, ya silakan saja, tidak mungkin dilarang-dilarang. Ini negara demokrasi,” katanya, Selasa 5 April 2022.


4. Tiga bahaya isu Jokowi 3 Periode terus digulirkan


CEO Narasi Institute sekaligus pakar kebijakan publik, Achmad Nur Hidayat menjelaskan, tiga dampak berbahaya jika isu perpanjangan masa jabatan Jokowi 3 periode terus digulirkan. Propaganda Jokowi 3 periode, kata Achmad, akan membahayakan ekonomi, sosial, dan politik Indonesia.


“Indonesia akan memasuki krisis baru yaitu krisis politik dan kepemimpinan,” katanya, Selasa, 5 April 2022.


5. Jokowi telah empat kali menyatakan taat konstitusi


Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan Jokowi telah empat kali menyatakan sikap taat konstitusi. “Jadi saya yakin, apa yang disampaikan presiden sudah cukup jelas ditangkap oleh publik,” kata Pramono saat rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, Senin, 4 April 2022


No comments:

Post a Comment