Cegah Omicon, Ikatan Dokter Indonesia Minta Pemerintah Menaikan Level PPKM - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Tuesday, January 18, 2022

Cegah Omicon, Ikatan Dokter Indonesia Minta Pemerintah Menaikan Level PPKM

 


PR DEPOK - Pemerintah disarankan untuk menaikan Level PPKM untuk mencegah penyebaran Covid-19 varian Omicron di Indonesia.

Hal itu disampaikan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), bahwa demi menekan angka penularanan dan positive rate Omicron di masyarakat, pemerintah perlu menaikan level PPKM.

Menurut IDI, varian Omicron yang lebih mudah menular ini, perlu dicegah dengan meningkatkan pembatasan mobilitas di masyarakat melalui PPKM.

Ketua PB IDI Daeng M Faqih menuturkan hal tersebut perlu dilakukan walaupun gejala Omicron sebagian besar ringan.

Ketua PB IDI itu menyarankan pemerintah kembali mengetatkan aturan di masyarakat seiring dengan pengetatan kedatangan dari luar negeri.

"Peningkatan level PPKM itu harus mulai direncanakan pemerintah guna membatasi mobilitas," kata Daeng dikutip dari PMJ News.

Menurutnya, penting bagi pemerintah untuk menaikan kedisiplinan masyarakat dengan PPKM karena dikhawatirkan varian Omicron bisa terus melonjak kasusnya.

Daeng juga berpendapat bahwa selain memperketat kedatangan dari luar negeri, mobilitas warga juga mesti diperhatikan agar Indonesia bisa terhindar dari badai Omicron.

Ia juga menitikberatkan kepada kasus penularan yang tinggi dan kecepatan penularannya.

Varian Omicron memang jarang menyebabkan gejala berat, namun menurut Daeng, cepatnya penularan lah yang menjadi hal serius dalam kasus ini.

"Kalau tidak, meskipun ini ringan tetap saja kecepatan penularan itu tinggi," katanya.

Dikonfirmasi, lebih dari 75 persen kasus varian Omicron yang ditemukan di Indonesia berasal dari kedatangan luar negeri.***

No comments:

Post a Comment