Vaksinasi Jadi Syarat Perjalanan, Mayoritas Masyarakat Tak Masalah - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Thursday, November 11, 2021

Vaksinasi Jadi Syarat Perjalanan, Mayoritas Masyarakat Tak Masalah



Jakarta - Traveler yang ingin melakukan perjalanan diwajibkan mengantongi sertifikasi vaksinasi. Sama halnya dengan berkunjung ke mall atau restoran, pemerintah pun kini menerapkan kebijakan vaksinasi untuk keperluan perjalanan ke luar kota atau luar negeri.
Baca juga: Penumpang Pesawat Naik 47,2 Persen, Sudah Enggak Takut Covid?
"Menanggapi hal ini, hasil riset Populix menemukan fakta bahwa mayoritas responden menyetujui (38% sangat setuju dan 35% setuju) diterapkannya ketentuan tersebut untuk keperluan perjalanan. Hal ini didukung dengan jawaban dari sebagian besar responden, yaitu sebanyak 76% dari total responden percaya bahwa efektifitas penegakan vaksin dapat meningkatkan kepatuhan vaksinasi. Dari total responden warga Jabodetabek (559 responden), sebanyak 78% menyetujui (36% setuju dan 42% sangat setuju) penegakan vaksin untuk berpergian," ujar Timothy Astandu, Chief Executive Officer (CEO) lembaga riset berbasis android, Populix dalam sebuah pernyataan dikutip, Rabu (10/11/2021).

Hal ini didukung dengan jawaban dari sebagian besar responden, yaitu sebanyak 76% dari total responden yang percaya bahwa efektifitas penegakan vaksin dapat meningkatkan kepatuhan vaksinasi. Dari total responden warga Jabodetabek (559 responden), sebanyak 79% mendukung penegakan vaksin untuk kepentingan berpergian.

Meski demikian, mayoritas responden (70%) merasa lebih percaya diri untuk melakukan perjalanan ketika penerapan PPKM berakhir. Laki-laki, orang tua dan kalangan dengan penghasilan tinggi merupakan kelompok yang paling banyak menanggapi positif akan hal tersebut.

Namun, riset Populix menemukan setidaknya kurang dari 60% responden mengaku telah atau akan merencanakan perjalanan bersama keluarga dalam 6 bulan terakhir. Berlibur (52%) merupakan alasan utama mereka dalam memutuskan perjalanan ke luar kota, sementara sebagian responden ingin mengadakan perjalanan ke luar kota dengan alasan untuk bertemu keluarga (33%).

Untuk pilihan penggunaan moda transportasi, mayoritas responden memilih menggunakan kendaraan pribadi (69%) dan 31% menggunakan moda Kereta Api. Namun, untuk responden kelas atas mereka juga memilih untuk menggunakan transportasi penerbangan yang mereka beli melalui online travel agent (OTA).

(ddn/msl)

No comments:

Post a Comment