Manfaat Proyek Strategis Nasional Untuk Pertumbuhan Ekonomi - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Wednesday, July 22, 2020

Manfaat Proyek Strategis Nasional Untuk Pertumbuhan Ekonomi


Salah satu program pemerintahan era Jokowi yang saat ini telah di nikmati oleh masyarakat adalah adanya Proyek Strategis Nasional pembangunan Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera. Jalan Tol Trans Sumatera merupakan sebuah jalan tol yang dibangun sepanjang 2.818 km untuk menghubungkan akses jalan dari Aceh hingga Lampung. Pembangunan jalan tol lintas sumatera ini merupakan program cerdas yang di gagas pemerintahan era Jokowi. Pembangunan jalan tol tersebut dapat meningkatkan perekonomian setiap daerah yang ada di pulau Sumatera. Selain mengurangi pembengkakan biaya logistik oleh para pemasok barang, adanya tol ini sangat membantu untuk menyuplay pasokan-pasokan yang di kirim dari pulau jawa sehingga tidak lagi terjadi kelangkaan terhadap komoditas tertentu. Di sisi lain, pembangunan tol ini juga bermanfaat bagi masyakarat karena dapat memangkas waktu tempuhnya jika hendak berpindah dari kota satu ke kota lain sehingga perjalanan yang di tempuh lebih efektif.
Namun saat ini kondisi pandemi Covid-19 membuat banyak proyek yang dihentikan, karena menuruti aturan stay at home. Ketika sudah memasuki fase the new normal, maka proyek-proyek strategis ini dilanjutkan kembali. Walau ada ratusan, tapi telah dipilih 89 proyek strategis yang sangat urgent untuk dilanjutkan, seperti pembangunan jalan tol dan program legalisasi lahan transmigrasi. Jika proyek-proyek ini dilaksanakan kembali, maka akan berdampak positif pada ekonomi, karena para buruh kembali mendapat penghasilan. Pertimbangan lainnya adalah dari segi urgensi dan terutama total biaya untuk melanjutkannya. Jadi harus terjun langsung ke lapangan untuk mengecek apakah layak dijadikan PSN. 89 proyek yang dipilih ini selain memiliki urgensi yang mendesak, juga bisa menjadikan sektor ekonomi bangkit lagi.
Selain itu, kriterianya adalah apakah proyek itu berdampak pada kesejahteraan sosial? Proyek strategis nasional juga diharap menciptakan lapangan kerja baru dan juga ramah lingkungan. Salah satu proyek strategis nasional yang disetujui adalah pembangunan jalan tol dari Kediri ke Tulungagung. Ini termasuk proyek strategis nasional karena jika jalan tol sudah terbangun dengan sempurna, maka pengiriman logistik dari Tulungagung dan Kediri (dan sebaliknya) akan makin lancar. Ketika distribusi lancar maka barang yang akan dikirim ke toko maupun pasar, akan datang tepat waktu. Sehingga masyarakat senang belanja karena barangnya lengkap, dan otomatis akan meningkatkan sektor ekonomi.

No comments:

Post a Comment