New Normal Obat Pulihkan Ekonomi dari Covid-19 - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Thursday, June 18, 2020

New Normal Obat Pulihkan Ekonomi dari Covid-19


JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menilai proses masyarakat yang kembali produktif dan aman di tengah pandemi virus corona bisa mendorong pemulihan ekonomi. Untuk itu, pola kenormalan baru atau new normal diperkirakan bisa menumbuhkan ekonomi Indonesia pada kuartal III hingga IV.
"Proses pemulihan ke depan bergantung satu pola mengarah pada new normal. Yang saya pahami new normal bukan kembali ke kehidupan lama, tapi secara bertahap sembilan sektor sudah dibuka dengan tetap menerapkan protokol covid, produktif dan aman. Tentu itu meningkatkan aktivitas ekonomi dan dunia usaha," tuturnya, dalam telekonferensi, Kamis (18/6/2020).
Kemudian, proses pemulihan ekonomi juga bergantung pada seberapa cepat stimulus fiskal pada masyarakat. Di mana pemerintah juga telah memperlebar defisit fiskal.
"Bansos cepat disalurkan, insentif pajak untuk usaha dan juga berbagai program ekonomi nasional. Ini di samping rencana pembukaan bertahap," tuturnya.
Kemudian stimulus moneter dan keuangan malalui restrukturisasi kredit bisa menyentuh langsung. Proses ini akan mendukung kecepatan dari proses pemlihan ekonomi.
"Dengan faktor ini tahun depan bisa meningkat dan itu mendasari kenapa pertumbuhan ekonomi tahun depan di 5%-6% dengan berbagai pertimbangan termasuk ekonomi global bisa tumbuh 5,4% pada 2021," tuturnya.
(fbn)

No comments:

Post a Comment