Obat Corona Chloroquine, Jokowi: Ini Produksi Negara Kita - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Monday, March 23, 2020

Obat Corona Chloroquine, Jokowi: Ini Produksi Negara Kita


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penjelasan mengenai obat chloroquine atau klorokuin yang merupakan produksi dari Indonesia dalam hal ini PT Kimia Farma (Persero) Tbk (KAEF).
”Dan pada pagi hari ini saya juga ingin menyampaikan mengenai yang berkaitan dengan chloroquine. Ini adalah produksi negara kita, produksi Indonesia. Barang ini adalah produksi Indonesia, produksi Kimia Farma,” tutur Presiden usai pengecekan ke Wisma Atlet, Kemayoran, Provinsi DKI Jakarta, seperti dilansir setkab, Senin (23/3/2020).
Chloroquine, menurut Presiden, bukanlah obat first line tetapi obat second line karena memang obat virus corona (Covid-19) ini belum ada dan juga belum ada antivirusnya.
”Tetapi dari pengalaman beberapa negara, chloroquine ini sudah digunakan dan banyak pasien Covid-19 yang sembuh dan membaik kondisinya," katanya.
Menurut Presiden, obat ini bukan obat bebas, jadi penggunaannya harus melalui resep dokter dan Pemerintah telah memiliki stok chloroquine sebanyak 3 juta.
”Jadi untuk pasien Covid-19 yang ada di rumah sakit jika dianggap dokter yang merawatnya chloroquine ini cocok untuk pasien tersebut pasti akan diberikan,” kata Presiden.
Sebagai informasi, selain klorokuin, Pemerintah juga telah menyiapkan Avigan sebagai alternatif untuk pasien Covid-19.
”Obat ini sudah dicoba oleh 1, 2, 3 negara dan memberikan kesembuhan, yaitu Avigan. Kita telah mendatangkan 5 ribu, akan kita coba, dan dalam proses pemesanan 2 juta. Kemudian yang kedua Chloroquine, ini kita telah siap 3 juta,” kata Presiden.
(dni)

No comments:

Post a Comment