Indef Nilai UMKM Dapat Mengurangi Ketimpangan Ekonomi - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Sunday, January 5, 2020

Indef Nilai UMKM Dapat Mengurangi Ketimpangan Ekonomi

JAKARTA – Institute for Development of Economics and Finance (Indef) mengungkapkan bahwa ketimpangan ekonomi yang luar biasa saat ini akan tertolong dengan pondasi kuat dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal itu dikatakan ekonom Indef, Media Wahyudi Askar saat bertemu Menkop dan UKM Tenten Masduki di gedung Kemenkop, Jakarta, Jumat (3/1/20).
“Saat ini terjadi ketimpangan ekonomi yang luar biasa. Pondasi utamanya adalah UMKM. Upayakan kedepan melakukan percepatan dan fokus lebih baik untuk pengembangan ekonomi rakyat ke deoan,” kata Wahyudi.
Ia menjelaskan, industri yang paling kuat akibat ketidakpastian ekonomi global adalah ekonomi kecil dan menengah. Menurutnya, perlu upaya menyeluruh dan melibatkan seluruh stakeholder dalam mewujudkan UMKM yang maju.
“Bagaimana pembiayaan kredit ke depan. Libatkan seluruh stakeholder, pakar dan pelaku ekonomi di Indonesia,” paparnya.
Dikatakan Wahyudi, program Kemenkop dan UKM yang ada saat ini dinilai sudah cukup baik. Namun, dibutuhkan untuk lebih fokus dalam UMKM menjadi poin utama dalam diskusi publik dan pakar kebijakan.
“Fokus utama kedepan butuh pengarusutamaan UKM dan menjadi poin utama diskusi publik para pakar kebijakan. Itu yang selama ini luput dari pandangan selama ini,” kilahnya.
INDEF juga mengusulkan agar Kemenkop dan UKM memperkuat riset tentang ekonomi usaha rakyat, action riset, efektifkan kebijakan berdasar data riset dan action di lapangan.
“Harus dilakukan dengan melibatkan seluruh unsur. Bukan hanya pemerintah, lembaga internasional dan pelaku usaha UKM,” tukasnya.

No comments:

Post a Comment