Viral Video Hoax Nata de Coco dari 'Plastik', Ini Penjelasan BPOM - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Monday, December 9, 2019

Viral Video Hoax Nata de Coco dari 'Plastik', Ini Penjelasan BPOM




Jakarta - Di media sosial ramai video orang-orang mencoba eksperimen membuktikan nada de coco terbuat dari plastik. Hal ini dilakukan dengan cara mengambil potongan nata de coco lalu menekannya di atas kertas atau tisu sampai semua cairan keluar.

Apa yang kemudian tampak adalah lapisan tipis mengkilat. Beberapa perekam video mencoba menarik-narik lapisan nata de coco menyebut teksturnya keras, alot, dan mengkilat seperti plastik.


"Jangan dimakan ya ibu-ibu bahaya ini. Plastik tidak bisa ditarik, keras. Mengkilat ibu-ibu tidak bisa dimakan, dibuang aja ya," ujar seorang wanita dalam video yang dibagikan salah satu pengguna Facebook pada Rabu (4/12/2019).


Menanggapi viralnya video nata de coco 'plastik', Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan klarifikasi.

"Dalam proses pembuatannya, pangan yang menyerupai gel ini terbentuk dari jutaan benang selulosa yang berlapis-lapis, sehingga menjadikan pangan ini mengandung serat tinggi yang baik untuk tubuh," tulis BPOM di situs resminya dan dikutip Senin (9/12/2019).

"Lapisan yang banyak tersebut juga membuat nata de coco bisa memerangkap cairan. Jika ditekan, cairan tersebut akan keluar dan yang tertinggal adalah benang-benang serat yang menyerupai lembaran tipis. Lembaran tipis ini lah yang diisukan atau disebut-sebut seolah-olah lembaran plastik," lanjut BPOM.

Ketika nata de coco kehilangan cairan, maka yang tersisa adalah lapisan dari kumpulan serat tipis. Lapisan ini punya struktur kuat dan tidak mudah hancur.

"Badan POM mengajak masyarakat agar menjadi konsumen yang cerdas serta tidak mudah terpengaruh oleh isu yang beredar di media sosial," tulis BPOM.


No comments:

Post a Comment