Sumatra Barat Ekspor 58,9 Ton Manggis Awal Oktober 2019 - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Monday, November 4, 2019

Sumatra Barat Ekspor 58,9 Ton Manggis Awal Oktober 2019


Mengawali musim panen tahun 2019, Sumatera Barat berhasil mengekspor 58,9 ton manggis ke enam negara dengan nilai Rp. 21,1 miliar.
Kepala Karantina Pertanian Padang, Eka Darnida Yanto menjelaskan, bahwa manggis asal Sumbar ini dikirim ke China, Hong Kong, Perancis, Malaysia, Taiwan dan Singapura.
Ekspor tersebut lanjut Eka, menggenapkan eksportasi produk hortikultura dari daerah itu sejak Januari hingga Oktober 2019 menjadi 115,6 ton.
Menurut Eka, telah terjadi peningkatan dua kali lipat dibanding total ekspor pada periode yang sama ditahun 2018 yang hanya 59,7 ton.
Berdasarkan data sistem automasi perkarantinaan, IQFAST, negara China menjadi tujuan utama pasar ekspor komoditas ini.
Ia mengatakan, sejalan dengan kebijakan Kementerian Pertanian untuk melakukan gerakan masif ekspor dan investasi di bidang pertanian, Badan Karantina Pertanian mengemban fungsi sebagai fasilitator perdagangan produk pertanian dengan melakukan berbagai terobosan layanan ekspor cepat.
Eka juga mengapresiasi kerja sama dan koordinasi antara direktorat teknis di Kementan dan pemerintah daerah di wilayah kerjanya, khususnya dengan pembangunan pertanian berbasis kawasan.
Untuk manggis, pemerintah daerah Sumbar telah menetapkan delapan kabupaten dan kota sebagai sentra yaitu Kabupaten Limapuluh Kota, Tanah Datar, Solok Selatan, Pesisir Selatan, Sijunjung, Padang Pariaman, Agam, dan Kota Padang.
“Bagi petugas karantina, tentunya ini lebih mudah dalam memberikan layanan ekspor cepat jika dalam satu kawasan. Layanan ekspor mudah, akurat dan cepat maka ekspor meningkat. Dan manggis Sumbar contohnya,” ujarnya.

No comments:

Post a Comment