Polisi Bakal Bongkar Peran Buchtar Tabuni Di Kerusuhan Papua - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Sunday, September 15, 2019

Polisi Bakal Bongkar Peran Buchtar Tabuni Di Kerusuhan Papua


JAKARTA – Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan bahwa pihaknya akan membongkar peran aktivis dan juga Wakil Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Buchtar Tabuni yang telah melakukan tindakan penghasutan dalam aksi massa yang berujung kerusuhan pada 29 Agustus 2019 di Jayapura Papua. Tersangka didakwa Pasal 160 KUHP yaitu tentang penghasutan.
“Polda Papua sedang mendalami perannya. Nanti akan kita bongkar,” kata Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal di Jayapura, Kamis (12/9/2019).
Bucthar Tabuni ditangkap polisi di Waena, Abepura, Papua beberapa hari ini. Ia langsung ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Mapolda Papua.
Kamal mengatakan, untuk tahap awal tersangka didakwa Pasal 160 KUHP yaitu tentang penghasutan.
“Bucthar Tabuni cukup berpengaruh dalam struktur organisasinya. Oleh karenanya Polda Papua akan mendalami perannya,” kata Kamal.
Bucthar Tabuni adalah pentolan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan pernah mendirikan International Parliamentarians for West Papua (IPWP) di tahun 2008. Organisasi tersebut bertujuan membatalkan keputusan Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) tahun 1969. Buchtar Tabuni juga menjadi tokoh sentral KNPB. Tujuannya juga sama, berkampanye untuk kemerdekaan Negara Papua Barat. Buchtar juga membentuk Parlemen Rakyat Daerah (PRD) tahun 2009.
Selain itu, Buchtar Tabuni dikenal sebagai aktivis Papua yang sangat vokal soal perjuangan kemerdekaan Papua. Tahun 2013, Buchtar Tabuni pernah ditangkap karena rencana aksi demo KNPB dan Parlemen National West Papua (PNWP) selama sepekan lebih di Jayapura untuk mendukung Papua Barat masuk dalam keanggotaan Melanesian Spearhead Group (MSG). MSG merupakan sebuah organisasi antar pemerintah di pesisir Pasifik di antaranya Fiji, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan Kaledonia Baru.
Aparat keamanan juga sedang memburu beberapa pelaku lainnya yang terlibat kerusuhan di Jayapura maupun daerah lain di Papua. Nama-nama terduga pelaku diketahui dari hasil keterangan tersangka yang sudah ditahan maupun saksi-saksi.

No comments:

Post a Comment