Polda Papua Jamin Keamanan untuk Aktivitas Ekonomi Pasca Kerusuhan - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Sunday, September 1, 2019

Polda Papua Jamin Keamanan untuk Aktivitas Ekonomi Pasca Kerusuhan

Polda Papua Jamin Keamanan untuk Aktivitas Ekonomi Pasca Kerusuhan


Kapolda Papua Irjen Rudolf Rodja mengatakan, secara keseluruhan situasi di Jayapura relatif kondusif, walaupun masih ada kelompok yang tidak puas.
Meski demikian TNI-Polri menjamin keamanan warga Papua dan meminta pelaku usaha di Papua untuk membuka kembali usahanya. “Silakan membuka kembali usahanya sehingga perekonomian kembali berputar. TNI-Polri siap menjamin keamanan warga dan pelaku usaha,” kata Rudolf, di Jayapura, Jumat (30/8/2019).
Rudolf mengatakan saat ini pihaknya terus menyelidiki dan memburu para pelaku dan provokator kerusuhan.  “Untuk oknum provokator masih diselidiki dan tim sedang bekerja,” tegasnya.
Aksi unjuk rasa berujung anarkistis di Jayapura, Papua pekan lalu melumpuhkan kegiatan perekonomian di wilayah itu.
Massa membakar ruko, perkantoran pemerintah, kendaraan roda dua dan roda empat, serta merusak fasilitas umum lainnya. Kemudia pada pekan yang sama juga sempat terjadi kontak tembak antara aparat dengan massa yang berunjuk rasa di wilayah Deiyai, Papua, Rabu (28/8/2019).
Peristiwa itu menyebabkan seorang personel TNI gugur dan lima personel Polri juga dilaporkan terluka.
Peristiwa bermula dari unjuk rasa yang diikuti ratusan orang. Mereka meminta bupati menandatangani persetujuan referendum.
Tak sampai disitu, mereka pun menyerang aparat, baik TNI maupun Polri yang sedang melakukan pengamanan.


No comments:

Post a Comment