Hasil Mapping Polri Bersama Lembaga Lain: Ada Permainan Asing di Papua - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Thursday, September 5, 2019

Hasil Mapping Polri Bersama Lembaga Lain: Ada Permainan Asing di Papua


Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bersama BIN, Kemenlu, dan BSSN telah memetakan alias mapping terkait dugaan keterlibatan pihak asing dalam aksi massa yang berujung ricuh di Papua dan Papua Barat.
Dari hasil mapping itu, dapat disimpulkan bahwa ada pihak asing yang mengkondisikan Papua bergejolak, khususnya dari transkrip pembicaraan Deny Wenda kepada kepala Negara di lingkungan pasific dan negara Vanuatu.
“Kemudian ada beberapa juga yang kita identifikasi keterlibatan WN asing di beberapa negara yang memposting konten-konten provokatif baik berupa foto, video dan narasi yang tidak benar,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (3/9).
Keterlibatan asing ini, lanjut Dedi lebih kepada penyebaran informasi soal Papua di sosial media terutama mereka negara-negara di kawasan Pasific.
Sebelumnya, Benny Wenda disebut-sebut sebagai aktor utama dibalik kerusuhan Papua. Benny saat ini berdomisili di Inggris. Karena itu Polri merasa perlu bekerja sama dengan pihak interpol untuk menjangkau sang provokator. Hal ini jug sekaligus sebagai tangan hukum pemerintah Indonesia.
“Locus dan tempusnya (TKP) ada di luar negeri jadi yang jelas hukum Indonesia tidak biaa menjangkau sana. Namun Kemlu sudah melalukan langkah untuk melakukan koordinasi dengan interpol,” tegas Dedi.







No comments:

Post a Comment