Polisi Tangkap Dua Pengibar Bendera Bintang Kejora di Depan Istana Merdeka - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Saturday, August 31, 2019

Polisi Tangkap Dua Pengibar Bendera Bintang Kejora di Depan Istana Merdeka

Dua pengibar bendera bintang kejora di depan Istana saat demonstrasi pada Rabu (28/8/2019) akhirnya ditangkap jajaran Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Penangkapan terhadap keduanya dilakukan pada Jumat (30/8/2019) kemarin.
Dua orang yang ditangkap berinisial AT dan CK. Keduanya telah melakukan tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara dan atau permufakatan akan melakukan kejahatan terhadap keamanan negara dan makar.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, mengungkapkan peran AT adalah sebagai koordinator lapangan aksi, menggerakan massa, menyiapkan bendera dan orasi di atas mobil komando.
“CK merupakan koordinator lapangan dari Jaktim dan juga berorasi bersama CK,” ungkap Argo.
Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian meminta proses hukum untuk ditegakkan, tak terkecuali kepada pengibar bendera bintang kejora di Istana Negara, Rabu (28/8) kemarin.
Tito menginstruksikan kepada Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono untuk bergerak.
“Hukum kita tegakkan, yang salah akan kita proses. Ada juga peristiwa pengibaran bendera di Jakarta dimana saya sudah perintahkan Kapolda tangani. Tegakkan hukum sesuai apa adanya kita harus hormati hukum,” tegas Tito, di Rupatama Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (29/8/2019).
Bendera Bintang Kejora, adalah simbol Gerakan Papua Merdeka. Bendera itu berkibar di depan Markas Besar TNI dan Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat pada Rabu lalu. Bendera itu dikibarkan oleh mahasiswa Papua di tengah aksi unjuk rasanya.
Aksi ratusan Mahasiswa Papua yang tergabung dalam Komite Mahasiswa Anti Rasisme, Kapitalisme, Kolonialisme dan Militerisme itu melakukan aksi sejak pukul 12.00 WIB
Setelah menyampaikan pendapat, mereka membuka baju untuk menunjukkan simbol perlawanan dan mengibarkan tiga bendera Bintang Kejora di depan Mabes TNI dan Istana Merdeka.
Mereka kemudian berlari mengitari bendera tersebut sambil berteriak “Papua Merdeka!” dan menyanyikan lagu “Papua bukan Merah Putih, Papua Bintang Kejora”.

No comments:

Post a Comment