WNI di AS Bangga dengan Pancasila - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Friday, July 5, 2019

WNI di AS Bangga dengan Pancasila

Warga Negara Indonesia di Amerika Serikat (AS) mengaku bangga dengan Pancasila. Jiwa nasionlisme yang kuat telah membuktikan rasa kecintaannya terhadap Indonesia meski tinggal di Negeri Paman Sam.
Baru-baru ini MPR RI mensosialisasikan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, di Los Angeles, AS.
Kepada warga Indonesia yang tinggal di AS, Wakil Ketua MPR, EE Mangindaan mengajak mereka untuk tetap dan terus mencintai Indonesia.
“Ayo kita cintai Indonesia meski berada di tempat yang jauh,” ujarnya dalam sosialisasi Empat Pilar di Amerika Serikat, Minggu (30/6/2019).
Mantan Gubernur Sulawesi Utara itu mengatakan, empat pilar wajib disosialisasikan kepada seluruh warga negara Indonesia, siapa pun dan di mana pun mereka berada.
Hal itu sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 17 Tahun 2014 tentang MD3 yang mengamanatkan kepada anggota MPR untuk melakukan sosialisasi.
Lebih lanjut Mangindaan menjelaskan bahwa Indonesia adalah negara yang besar. Sebagai negara yang besar, Indonesia memiliki ribuan pulau, bahasa, adat istiadat, dan beragam agama. Perbedaan itu, menurut mantan Menteri Perhubungan dalam Kabinet Presiden SBY, itu diakui oleh para pendiri bangsa. 
“Pendiri bangsa sadar Indonesia bangsa yang majemuk terdiri atas beragam suku, budaya, bahasa, dan agama,” kata dia.
Untuk itulah tambah dia mengatkan bahwa pentingnya warga negara Indonesia, siapa pun dan di mana pun, menjalankan Empat Pilar agar tercipta masyarakat yang sesuai dengan sila-sila Pancasila.
Sosialisasi Empat Pilar yang dilakukan oleh MPR tidak bersifat indoktrinasi. Untuk itu, dalam setiap acara dibuka ruang tanya jawab. Begitu pun dalam sosialisasi yang digelar di negara super power itu. 
Para warga negara Indonesia yang tinggal di sana menyatakan senang mengikuti sosialisasi sebab mendapat pencerahan tentang Pancasila.
“Saya bangga,” ujar salah seorang peserta.
Meski mereka hidup di rantau, namun tetap dan terus mencintai negeri asal usulnya, Indonesia.
Perasaan mereka yang tetap dan terus mencintai Pancasila dan Indonesia membuat Mangindaan dan Stefanus merasa bangga.
“Luar biasa nasionalisme mereka begitu kuat. Tidak luntur meski di negeri orang dan jauh,” kata anggota MPR dari Kelompok DPD, Stefanus BAN Liow yang ikut mendampingi Mangindaan.
Mangindaan juga mengajak masyarakat baik di dalam dan luar negeri untuk tetap mencintai dan bangga terhadap Indonesia serta Pancasila dan menjaga jiwa nasionalisme yang kuat untuk menghadapi dampak arus globalisasi.

No comments:

Post a Comment