Bulog Pastikan Stok Sejumlah Bahan Pangan Aman Selama Ramadhan - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Saturday, May 4, 2019

Bulog Pastikan Stok Sejumlah Bahan Pangan Aman Selama Ramadhan


Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso memastikan ketersediaan beras selama bulan Ramadan hingga lebaran 2019 aman. Bahkan hingga akhir tahun stok beras masih stabil.
Dia menyebut, hingga saat ini tercatat sudah ada 2,1 juta ton beras di Bulog. Ia menambahkan, tidak tertutup kemungkinan stok beras terus bertambah bila petani di sejumlah daerah di Tanah Air memanen padi.
“Kalau beras saya jamin InsyaAllah sampai akhir tahun ini tidak akan ada impor, begitu loh. Nanti saya buktikan,” kata Budi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (3/5/2019).
Selain beras, Budi juga memastikan ketersediaan gula putih, jagung pakan, daging kerbau hingga minyak goreng aman. Stok gula putih tercatat ada 53.308 ton, minyak goreng 1,36 juta liter, daging kerbau 4.849 ton dan jagung pakan 114.026 ton.
Sementara itu, Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Perum Bulog Imam Subowo menegaskan, masyarakat tidak perlu khawatir untuk ketersediaan beras sepanjang Ramadhan hingga Lebaran. Bulog juga sudah mendata delapan lumbung padi yang bisa terus menghasilkan beras untuk kebutuhan seluruh Indonesia.
Delapan lumbung padi tersebut lanjut dia akan menjadi acuan untuk seluruh produksi beras yang akan disalurkan ke seluruh wilayah Indonesia.
“Ini mulai dari, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Lampung, dan Sumatra Selatan,” ujarnya.
Imam menjelaskan semua lumbung padi di wilayah tersebut memproduksi beras yang hasilnya lebih besar dibandingkan dengan konsumsi di daerahnya. Seperti Sulawesi Selatan, kata Imam, di provinsi tersebut memproduksi 3,2 juta ton beras dan konsumsinya hanya berkisar 900 ton.
Selain itu, si Provinsi Jawa Barat menurut Imam Majalengka menjadi salah satu lumbung padi.
“Setidaknya di Majalengka ada 57 ribu hektare sawah yang produktif hasilkan padi, kalau ada lima ton hasil panen di setiap hektare maka bisa saja hasil panen di Majalengka itu 250 ribu ton,” ungkap Imam.
Tak hanya beras, Imam menegaskan komoditas lain untuk kebutuhan Ramadhan hingga Lebaran juga dipastikan aman. Komoditas lain tersebut yakni gula, daging, terigu, dan minyak goreng.
“Untuk komoditas lainnya ini juga insya Allah aman. Tapi tentu kita akan waspada tentu namanya puasa dan lebaran akan dijaga,” ujarnya.


No comments:

Post a Comment