Pancasila Merupakan Cara Bangsa Indonesia Berdemokrasi - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Saturday, April 6, 2019

Pancasila Merupakan Cara Bangsa Indonesia Berdemokrasi


Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah mengatakan bahwa demokrasi Pancasila harus menyatukan bangsa bukan justru memecah belah bangsa. Karena hakikat Pemilu adalah wujud dari daulat rakyat.
Menurut dia, tujuan dari pemilu adalah untuk memilih pemimpin dan membentuk pemerintahan dengan tujuan melayani seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali demi terciptanya sila Keadilan Sosial.
Pelaksanaan pemilu juga tidak bisa dilepaskan dari Sila Ketiga dalam Pancasila yaitu Persatuan Indonesia. Bukan hanya itu agenda pemilu adalah tunggal yaitu untuk memilih pemimpin bangsa.
Ia menambahkan, agenda pemilu bersifat nasional karena itulah segenap peserta pemilu tidak perlu lagi mempersoalkan konsensus nasional kebangsaan dan kenegaraan yang sudah final disepakati.
“Segenap peserta pemilu tidak boleh memberikan ruang kepada siapapun untuk menunggangi pesta demokrasi ini dengan tujuan menghancurkan bangsa Indonesia. Segenap peserta pemilu harus taat dan patuh kepada aturan yang ada sebagaimana tertera dalam Pasal 280 ayat (1) Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,” jelas Dosen Pascasarjana Universitas Islam Malang ini.
Ia menekankan bahwa pemilu merupakan agenda rutin lima tahunan. Sehubungan dengan hal tersebut, pelaksanaan pemilu jangan sampai mencabik-cabik Persatuan dan Kesatuan bangsa.
“Ingat lawan berkompetisi adalah teman berdemokrasi dan lawan berdebat adalah teman berpikir. Ingat pemilu bukan segala-galanya, yang paling penting adalah Persatuan dan Kesatuan bangsa,” kata Wasekjen DPP PDI Perjuangan dalam acara Seminar Kebangsaan dengan acara tunggal Pidato Kebangsaan bertajuk Pancasila Sebagai Ideologi Terbaik Bagi Bangsa Indonesia dihadapan seribu peserta lintas profesi, agama dan keyakinan.
selain itu, Ketua Badan Sosialiasi 4 Pilar MPR RI meminta pada segenap masyarakat dan pemilih untuk jeli dan memeloloti dengan seksama rekam jejak kontestan peserta pemilu.
Hal ini bertujuan agar rakyat jangan sampai salah dalam memilih pemimpin. Sehingga adagium Vox Populi Vox Dei (Suara Rakyat Adalah Suara Tuhan) betul-betul dapat diterapkan dengan tepat di Negara Pancasila.
“Saya mengajak rakyat Indonesia harus objektif dan sungguh-sungguh dalam memberikan penilaian kepada segenap kontestan. Masih ada waktu untuk berfikir dan merenung dan menjatuhkan pilihan pada 17 April yang akan datang,” ujarnya.

Sumber : https://bidikdata.com/pancasila-merupakan-cara-bangsa-indonesia-berdemokrasi.html

No comments:

Post a Comment