Pemerintah Akan Melakukan Rekonstruksi Dan Rehabilitasi Wilayah Terdampak Bencana Di Lampung Selatan - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Thursday, January 3, 2019

Pemerintah Akan Melakukan Rekonstruksi Dan Rehabilitasi Wilayah Terdampak Bencana Di Lampung Selatan


JAKARTA – Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Pemerintah akan melakukan rekonstruksi dan rehabilitasi wilayah terdampak bencana di Lampung Selatan dengan mulai melakukan tahap rekonstruksi dan selanjutnya pembangunan.

Usai mengunjungi dua desa yang terdampak tsunami Selat Sunda di Lampung Selatan, Jokowi mengatakan rumah warga yang terdampak tsunami akan direlokasi. Namun Pemerintah akan membangun 2 hunian sementara yang ditargetkan selesai tiga bulan ke depan.

“Ya direlokasi, karena memang lokasinya di sini sangat rawan tsunami. Kita tidak hanya berbicara sekarang, kita tidak hanya berbicara 5 tahun ke depan, 10 tahun ke depan, tapi berbicara 20, 30, 50 tahun ke depan,” ujar Jokowi, Rabu (2/12).

Di Lampung Selatan, tercatat ada 118 korban meninggal dan 490 rumah rusak berat akibat tsunami pada 22 Desember 2018. Relokasi, menurut Jokowi, harus segera dimulai usai tahapan evakuasi selesai dilakukan.

Relokasi dan pembangunan hunian sementara tersebut ditargetkan selesai dalam waktu tiga bulan ke depan. Sementara nominal bantuan yang diberikan, kata Jokowi, sama dengan korban bencana gempa Lombok dan tsunami Palu.

Pemerintah juga akan memberi bantuan dengan nominal sama dengan korban gempa Lombok dan Tsunami Palu dengan rincian Rp 50 juta untuk rusak berat, Rp 25 juta untuk rusak sedang dan Rp 10 juta untuk rusak ringan.

Apa yang dilakukan Jokowi untuk para korban bencana tsunami Selat Sunda merupakan bukti nyata kesigapan dan kepedulian seorang pemimpin kepada rakyatnya.

No comments:

Post a Comment