Target Pemerintah Bangun 65 Bendungan untuk Ketahanan Pangan - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Thursday, November 22, 2018

Target Pemerintah Bangun 65 Bendungan untuk Ketahanan Pangan


Kementerian PUPR menargetkan pembangunan 65 bendungan dalam 5 tahun pemerintahan Jokowi-JK, terdiri dari 16 proyek lama dan 49 proyek baru. Adanya pembangunan bendungan akan menjamin ketersediaan air yang menjadi kunci ketahanan pangan. Karena Indonesia tidak akan mungkin menjadi bangsa berdaulat di bidang pangan, kalau jumlah bendungan dan saluran irigasi yang mengaliri lahan-lahan pertanian terbatas.
Dibangunnya 65 bendungan akan meningkatkan ketersediaan tampungan air di Indonesia menjadi 19,1 miliar meter kubik dari sebelumnya yang hanya 12,6 miliar meter kubik, berasal dari 230 bendungan yang ada saat ini. Areal irigasi yang diairi akan bertambah 173.000 hektar dari 760.000 hektar sawah dan secara total menjadi 933.000 hektar sehingga kebutuhan air pertanian bisa terpenuhi sepanjang tahun.
29 bendungan akan selesai seluruhnya pada 2022 karena pembangunannya butuh waktu tiga sampai empat tahun dan waktu untuk pengisian air ke bendungan hingga mencapai kapasitas optimalnya. Biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan 65 bendungan tersebut mencapai Rp 70,1 triliun melalui berbagai skema pembiayaan termasuk kerja sama dengan badan usaha /swasta hingga pinjaman.
Dengan dibangunnya 65 bendungan tersebut maka ketersediaan tampungan air di Indonesia akan meningkat menjadi 19,1 miliar meter kubik dari sebelumnya yang hanya 12,6 miliar meter kubik yang berasal dari 230 bendungan yang ada saat ini.
Penambahan volume air yang bisa ditampung akan memberi pengaruh terhadap luasan areal irigasi yang diairi. Saat ini dari 7,1 juta hektar sawah, 760.000 hektar sawah atau 10,5% dari irigasi yang sumber air dari bendungan, sementara sisanya masih berasal dari air non bendungan seperti tadah hujan maupun bendung saja.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam akun instagramnya berbagi cerita mengenai pentingnya pembangunan bendungan ini. Dalam video yang diunggahnya, Jokowi menekankan kekeringan dan kemarau panjang harus bisa diatasi. Adanya bendungan akan menjamin ketersediaan air yang menjadi kunci ketahanan pangan Indonesia.
“Tidak akan mungkin jadi bangsa yang berdaulat di bidang pangan, kalau jumlah bendungan dan saluran irigasi yang mengaliri lahan-lahan pertanian kita di seluruh penjuru tanah air sangat terbatas,” kata Jokowi.
Dalam video tersebut, seorang Petani mengaku kini dapat melakukan panen padi hingga dua kali setiap tahun lantaran ketersediaan air yang cukup melalui saluran irigasi yang ada.



No comments:

Post a Comment