Mendes Sebut Percepatan Pembangunan Desa Kunci Pertumbuhan Ekonomi - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Thursday, October 11, 2018

Mendes Sebut Percepatan Pembangunan Desa Kunci Pertumbuhan Ekonomi


Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo menilai kunci untuk menumbuhkan perekonomian Indonesia adalah dengan melakukan percepatan pembangunan di desa. Desa juga harus didorong agar bisa menghasilkan produk unggulan.

"Percepatan pembangunan di pedesaan adalah kunci penting pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain memetakan potensi produk unggulan, desa harus didorong mampu memberi nilai tambah pada komoditas agar memiliki daya jual lebih tinggi. Dengan demikian, pendapatan masyarakat akan lebih besar, IFAD yakin model ini adalah model pembangunan yang sustainable," kata Eko dalam keterangan tertulis, Kamis (11/10/2018).

Hal itu disampaikan Eko dalam pertemuan terbatas di sela acara tahunan IMF-World Bank di Nusa Dua, Bali, dengan Presiden The International Fund for Agricultural Development (IFAD) Gilbert Houngbo.

Dalam kesempatan tersebut, Gilbert Houngbo mengucapkan apresiasi kepada Eko atas model pembangunan yang dilakukan Kemendes PDTT melalui dana desa.

Menurut Houngbo program dana desa adalah transformasi untuk wilayah pedesaan, agar semua pihak mendapatkan manfaatnya. Itu sejalan dengan program-program IFAD untuk membangun wilayah pedesaan melalui bidang pertanian.

"Apa yang paling mengesankan bagi saya adalah dalam program dana desa ini, pembangunan dilakukan terintegrasi antara sektor pembangunan sosial dan ekonomi," Houngbo.

"Pembangunan yang terus berkelanjutan ini, kami akan terus berkomunikasi dengan Kementerian Desa untuk membuat presentasi yang akan kami rekomendasikan untuk negara-negara berkembang di seluruh dunia," pungkasnya.(ega/idr)

No comments:

Post a Comment