Persoalan Ideologi Telah Disepakati Bersama, Tidak Boleh Ada Ideologi Selain Pancasila - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Sunday, September 16, 2018

Persoalan Ideologi Telah Disepakati Bersama, Tidak Boleh Ada Ideologi Selain Pancasila


Jakarta – Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa Indonesia sebagai negara Pancasila merupakan negara kesepakatan untuk hidup secara damai. Oleh sebab itu maka persoalan ideologi telah disepakati bersama, tidak boleh ada ideologi selain Pancasila.

Pancasila adalah ideologi titik temu ( Kalimatun sawa’) dari berbagai aliran, agama, suku dan budaya. Menurutnya, Indonesia sebagai negara Pancasila merupakan negara kesepakatan untuk hidup secara damai.

“Karena itu,  persoalan ideologi sudan selesai, sudah disepakati. Tidak boleh ada ideologi selain Pancasila,” tegas Kiai Ma’ruf.

Ma’ruf mengatakan seharusnya Indonesia bersyukur memiliki ideologi Pancasila. Sebab, tak ada negara lain yang memiliki ideologi seperti Pancasila. Tidak ada ideologi yang bisa menggantikan Pancasila di NKRI.

Ma’ruf menegaskan dalam darul  mitsaq semua warganegara diperlakukan secara sama, tidak boleh ada diskriminasi. Di kitab fikih ada istilah daf’u dlararin ja’iin, kewajiban kolektif menghilangkan kelaparan dan bencana kemanusiaan lainnya baik bagi muslim ataupun nonmuslim. Sehingga seharusnya Islam dan Pancasila tidak berbenturan. (RA/MCF)

No comments:

Post a Comment