Inilah Daftar Tambang dan Migas yang Berhasil di Rebut Pemerintah Indonesia dari Perusahaan Besar Amerika - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Friday, August 3, 2018

Inilah Daftar Tambang dan Migas yang Berhasil di Rebut Pemerintah Indonesia dari Perusahaan Besar Amerika


Warga Indonesia sekarang bisa berbangga. Sebab pemerintah berhasil merebut dan menguasai mayoritas pengelolaan sumber daya alam yang sebelumnya di perusahaan asing.
Ada beberapa perusahaan asal Amerika Serikat yang menguasai pengelolaan tambang dan migas di Indonesia. Hal ini tentu merugikan Indonesia lantaran penghasilan yang didapatkan tidak sepenuhnya masuk ke kas negara.
Berikut tambang dan migas yang direbut oleh pemerintah:
  1. Freeport
Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Tambang telah mencapai kesepakatan dengan Freeport McMoran soal akuisisi saham 51 persen saham Freeport Indonesia.
Dengan adanya kesepakatan ini, Indonesia akan menguasai 51 persen saham Freeport yang beroperasi di Papua. Sebelumnya, Indonesia hanya memiliki 9,36 persen saham perusahaan asal Amerika Serikat (AS). Artinya, Indonesia sekarang menguasai saham mayoritas.
“Saya telah mendapatkan laporan bahwa holding pertambangan kita, Inalum, telah capai kesepakatan awal dengan Freeport pengolahan untuk meningkatkan kepemilikan kita menjadi 51 persen dari yang sebelumnya 9,36 persen. Alhamdulillah,” ujar dia di BSD, Tangerang, Kamis (12/7).
2. Blok Rokan
Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, mengatakan pemerintah telah memutuskan Rokan untuk dikelola Pertamina setelah 2021. Sebab, proposal yang diajukan jauh lebih baik dibanding Chevron Pacific Indonesia selaku kontraktor saat ini. Chevron adalah perusahaan raksasa asal Amerika.
“Pertimbangannya adalah rasionalitas, bukan emosi. Bahwa proposal Pertamina lebih baik dari pada Chevron,” kata Arcandra, di Jakarta, Rabu (1/8).
Setelah Pertamina ditunjuk menjadi pengelola Blok Rokan pada 2021 sampai 2041, pemerintah memberikan kewenangan ke Pertamina untuk mencari mitra mengelola blok migas yang menjadi tulang punggung produksi minyak nasional tersebut.
3. PT Newmont Nusa Tenggara
Pengambilalihan aset negara dari tangan asing juga terjadi pada perusahaan tambang asal Amerika Serikat PT Newmont Nusa Tenggara. Perusahaan yang melakukan kegiatan pertambangan tembaga di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut diambil alih oleh perusahaan energi nasional Medco Energi, setelah itu kemudian Newmont Nusa Tenggara diubah namanya menjadi PT Amman Mineral Nusa Tenggara.
“Newmont, tambang emas terbesar di Nusa Tenggara ini diambil alih semuanya oleh pengusaha nasional,” kata Jokowi dalam Kongres Ekonomi Umat dengan tema “Arus Baru Ekonomi Indonesia” yang diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia, di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Sabtu (22/4/2017).
Menurut Jokowi, meski Newmont diakuisisi perusahaan swasta, tetap ada peran pemerintah dalam proses peralihan kepemilikan tersebut. Jokowi pun berharap ke depannya akan ada lagi aset negara yang dikuasai asing beralih ke pihak nasional.
Sumber : https://bidikdata.com/inilah-daftar-tambang-dan-migas-yang-berhasil-di-rebut-pemerintah-indonesia-dari-perusahaan-besar-amerika.html

No comments:

Post a Comment