Mangkrak 37 Tahun, Waduk Kariyan Mulai Dibangun di Jaman Jokowi - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Tuesday, July 24, 2018

Mangkrak 37 Tahun, Waduk Kariyan Mulai Dibangun di Jaman Jokowi


JAKART

A – Pemerintah Joko Widodo selalu masif dalam pembangunan infrastruktur. Salah satu pembangunan tersebut adalah Bendungan Karian di Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten.
Bendungan ini sempat mangkrak terbengkalai selama lebih dari 3,5 dekade atau 37 tahun. Padahal, pembangunan bendungan tersebut, sudah direncanakan sejak 1980. Namun, baru pada era Presiden Joko Widodo (Jokowi)-lah, pembangunan bendungan dieksekusi.
“Tiga tahun yang lalu kita eksekusi untuk dikerjakan. Waduk ini adalah waduk terbesar ketiga setelah Jatiluhur, dan Jatigede,” kata Jokowi saat meninjau lokasi proyek.
Bendungan Karian dirancang untuk dapat menampung 314,7 juta meter kubik dengan nilai proyek Rp 1,07 triliun yang berasal dari pinjaman dari Korea Selatan.
Pekerjaan konstruksi bendungan dilakukan melalui skema Kerja Sama Operasi (KSO) antara Daelim Industrial Co Ltd., PT Wijaya Karya (persero) Tbk, dan PT Waskita Karya (persero) Tbk.
Nantinya, bendungan ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber penyediaan kebutuhan suplesi ke daerah irigasi Sungai Ciujung dengan luas mencapai 22.000 hektar, serta kebutuhan air bagi masyarakat yang tinggal di Kota Cilegon dan Kabupaten Serang sebesar 5,5 meter kubik per detik.
“Yang kedua, juga bisa menjadi (sumber) air baku bagi Provinsi Banten dan DKI Jakarta,” ujar Presiden.
Kapasitas air baku yang dapat dialirkan sebesar 9,1 meter kubik per detik untuk Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan DKI Jakarta. Selain itu, Bendungan Karian juga akan dimanfaatkan sebagai sumber tenaga bagi Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro sebesar 1,8 megawatt dan pengendali banjir di daerah hilir dengan daya tampung sebesar 60,8 juta meter kubik.
Seperti diketahui, kawasan hilir merupakan daerah strategis dengan infrastruktur penting, seperti Jalan Tol Jakarta-Merak dan kawasan industri terpadu.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menuturkan, sejak dikerjakan pada Oktober 2015, hingga kini progres pekerjaan proyek Bendungan Karian sudah mencapai 47 persen. Proyek ini rencananya akan dirampungkan pada Juni 2019, atau lebih cepat dari target awal.
“Seharusnya 2020, tapi kita percepat untuk kebutuhan masyarakat Banten,” kata Basuki.

Sumber:
http://stopfitnah.com/mangkrak-37-tahun-waduk-kariyan-mulai-dibangun-di-jaman-jokowi/

No comments:

Post a Comment