Lobi Pemerintah Jokowi Yakinkan Perusahaan Migas Saudi Berinvestasi US$10 Miliar - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Monday, July 16, 2018

Lobi Pemerintah Jokowi Yakinkan Perusahaan Migas Saudi Berinvestasi US$10 Miliar

Presiden Joko Widodo memang cerdik. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini selalu memiliki cara untuk meyakinkan investor agar berinvestasi di Indonesia.
Sebagai contoh, Jokowi berhasil menarik hati perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Arab Saudi, Aramco. Jokowi memberi sejumlah kemudahan bagi Aramco berupa kemudahan perizinan, penghapusan pajak penghasilan dalam waktu tertentu (Tax Holiday) dan memangkas komponen pembentukan setoran PPh (Tax Allowance), pembebasan pengenaan Pajak Penambahan Nilai (PPN) dan bea masuk (BM) bagi barang-barang yang dibutuhkan di dalam pembangunan proyek kilang.
Dari lobi itu, Jokowi berhasil mengantongi komitmen investasi sebesar US$ 10 miliar. Menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Aramco tidak hanya berniat membangun kilang namun juga tangki timbun di Indonesia.
“Aramco juga ingin membangun jalur distribusi langsung ke Indonesia. Di mana lokasi kilangnya nanti, akan diatur lebih lanjut,” kata Pramono dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Minggu (13/9).
Saudi Aramco, berniat menggelontorkan uang US$ 24 miliar atau sekitar Rp 336 triliun. Anggaran tersebut untuk pembangunan kilang minyak baru berkapasitas 300.000 barel per hari, dan modernisasi sekaligus meningkatkan kapasitas 3 kilang minyak Pertamina hingga 400 ribu barel per hari.
Tiga kilang yang akan dimodernisasi adalah kilang Pertamina di Dumai, Balongan, dan Cilacap. Sedangkan kilang minyak baru direncanakan dibangun di Tuban.
Bila investasi ini terealisasi, kapasitas produksi bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia meningkat hingga 700 ribu barel per hari. Pembangunan kilang ini amat dibutuhkan Indonesia karena konsumsi BBM akan meningkat sampai 2,5 juta barel per hari pada 2025. Jika tidak membangun kilang minyak baru, impor BBM akan semakin membengkak dengan estimasi sepuluh tahun lagi konsumsi BBM mencapai 2,5 juta barel per hari.
Sumber :
http://stopfitnah.com/lobi-pemerintah-jokowi-yakinkan-perusahaan-migas-saudi-berinvestasi-us10-miliar/

No comments:

Post a Comment