Hasil Upaya Konkret Pemerintah Jokowi-JK Berhasil Turunkan angka Kebakaran Hutan & lahan - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Saturday, July 21, 2018

Hasil Upaya Konkret Pemerintah Jokowi-JK Berhasil Turunkan angka Kebakaran Hutan & lahan


JAKARTA – Pemerintah menyatakan bahwa dari 2015 sampai 2017, titik kebakaran hutan dan lahan telah berkurang secara signifikan.

JIka pada 2015, kebakaran hutan masih tercatat sekitar 22.000 titik, maka pada 2017 menurun drastis menjadi kurang dari 2.500 titik atau turun 89 persen.

“Hasil ini tidak lepas dari berbagai upaya konkret yang telah dilaksanakan oleh berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta yang terus berupaya mewujudkan komitmen Indonesia untuk menjaga perubahan iklim,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, di Jakarta, Selasa (19/12).

Menko Darmin menerangkan, sistem produksi sumberdaya lahan yang lebih hijau dan rendah asap (low haze) merupakan kepentingan ekonomi nasional.

Untuk itu kata Darmin pencegahan harus menjadi bagian dari sistem produksi lestari tersebut.

“Ini penting agar perekonomian kita menjadi tangguh dan berkelanjutan,” jelas Darmin.

Guna meningkatkan pencegahan Kemenko Perekonomian implementasikan standar pencegahan kebakaran hutan kebun dan lahan (karhutbunla) dengan pendekatan klaster dan berbasis masyarakat. Darmin menyebut programnya berupa Masyarakat Peduli Api (MPA), Desa Tangguh Bencana Karhutbunla (Destana), Kelompok Tani Peduli Api (KTPA), dan Desa Makmur Peduli Api (DMPA).

Dalam jangka pendek, pemerintah membentuk Sustainable Landscape Management Multi Donor Trust Fund (SLM-MDTF). Fasilitas dana perwalian yang dikelola oleh Bank Dunia ini, didukung dengan dana hibah dari
Pemerintah Norwegia dan Pemerintah Australia.

Kunci penting keberhasilan penanganan karhutla tahun 2017 ini tidak lepas dari sinergi dan kerjasama antara para pihak, seperti Manggala Agni KLHK, BNPB, BPBD, TNI, Polri, pemerintah daerah, pihak swasta, tokoh masyarakat, dan para pihak terkait lainnya.

Penurunan titik panas secara drastis karena pola dan program Pemerintah yang efektif dan ketegasan dari Pemerintah dalam menindak para pelaku karhutla serta kerja sama masyarakat dengan pihak-pihak terkait sehingga ancaman karhutla dapat tertangani dengan baik selama pemerintahan Jokowi-JK.(WO)

No comments:

Post a Comment