Jokowi Ingin Tingkatkan Hubungan Indonesia dengan Negara Pasifik Selatan - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Saturday, May 5, 2018

Jokowi Ingin Tingkatkan Hubungan Indonesia dengan Negara Pasifik Selatan

Jokowi Ingin Tingkatkan Hubungan Indonesia dengan Negara Pasifik Selatan IHSANUDDIN Kompas.com - 04/05/2018, 12:25 WIB Presiden Joko Widodo kembali mengenakan jaket Asian Games 2018 saat memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (4/5/2018).(KOMPAS.com/Ihsanuddin)

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta para menteri terkait dapat cepat meningkatkan kerja sama dengan negara-negara Pasifik Selatan. Kepala Negara menegaskan, negara di kawasan itu dapat menjadi pasar untuk produk manufaktur, perikanan dan jasa-jasa asal RI.
Hal tersebut disampaikan dalam rapat terbatas tentang peningkatan kerja sama dengan kawasan Pasifik Selatan di Kantor Presiden, Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (4/5/2018).
"Saya yakin negara-negara di kawasan pasifik selatan seperti Nauru, Vanuatu, Fiji, Solomon Island, Samoa, Tonga, sangat terbuka bekerja sama dengan negara kita di berbagai bidang, baik investasi maupun perdagangan," kata Jokowi.
Dia menambahkan, Indonesia telah memiliki Indian Ocean Rim Association (IORA) sebagai forum peningkatan kerja sama dengan negara-negara di bentang Samudera India.
Jokowi menyebut, kini saatnya untuk menggarap negara-negara di Pasifik Selatan. "Sudah sering saya sampaikan kita harus masuk ke pasar-pasar non tradisional, termasuk negara-negara kawasan pasifik selatan ini, untuk menawarkan produk unggulan industri manufaktur kita, termasuk industri kelautan perikanan dan juga industri jasa kita, serta di bidang konstruksi dan informatika," kata Jokowi.
Presiden menambahkan, peluang untuk masuk ke kawasan tersebut relatif besar, yang sekaligus dapat menjadi percepatan perkembangan koridor Kawasan Timur Indonesia. Apalagi, letak Indonesia dilewati oleh dua samudera dan dua benua.
Hal itu harus dimanfaatkan untuk kepentingan nasional. Salah satu bentuk pemanfaatan tersebut adalah melalui peningkatan kerja sama ekonomi. "Kuncinya adalah memperat konektivitas, baik konektivitas budaya, ekonomi yang tentu saja perlu didukung oleh kelancaran konektivitas sistem transportasi kita dengan negara kasawan Pasifik Selatan," kata dia. 

Sumber
https://nasional.kompas.com/read/2018/05/04/12253971/jokowi-ingin-tingkatkan-hubungan-indonesia-dengan-negara-pasifik-selatan.

No comments:

Post a Comment