Daftar Menteri Jokowi yang Dapat Penghargaan Internasional - Stop Fitnah dan Hoax

Breaking

Sunday, April 15, 2018

Daftar Menteri Jokowi yang Dapat Penghargaan Internasional


Jakarta - Sejumlah menteri Kabinet Kerja Joko Widodo Jusuf Kalla atau Jokowi-JK mendapatkan penghargaan internasional dalam berbagai ajang selama menjabat empat tahun terakhir.
Mereka mengukir prestasi sesuai bidang dan fungsi tugasnya masing asing. Siapa saja, berikut daftar yang dirangkum Liputan6.com:

1. Sri Mulyani


Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dinobatkan sebagai Menkeu terbaik di Asia Pasifik tahun 2018 versi majalah keuangan FinanceAsia.
Menurut FinanceAsia, Sri Mulyani berhasil membawa perekonomian Indonesia ke arah lebih baik. Dia dianggap berhasil memanfaatkan kesempatan kemajuan ekonomi global untuk mereformasi struktur keuangan pada 2017. Sehingga dapat bertahan saat terjadi kenaikan suku bunga di AmerikaSerikat.
Padahal pada Februari 2018, Sri Mulyani juga mendapatkan penghargaan sebagai menteri terbaik dunia di World Goverment Summit di Dubai.
"Hallo saya ada di Dubai untuk menghadiri World Goverment Summit dan hari ini saya untuk mendapat apa yang disebut The Best Minister Award yang dipilih melalui penelitian Ernst and Youg bagi menteri di seluruh dunia. Suatu award yang diberikan kepada Indonesia dan tentu saja di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi," kata Sri Mulyani lewat sebuah video yang diunggah melalui akun resminya di media sosial.
Tak hanya itu, wanita yang pernah menjabat sebagai Managing Director of the World Bank Group jug pernah mendapatkan penghargaan pula seperti dari Forbes Most Powerful Women pada 2008, Globe Asia The Most Influential Indonesian 2017, Menteri Keuangan Terbaik 2006 versi Euromoney, Menteri Kaeungan Terbaik Asia tahun 2006 hingga 2008 versi Emerging Market.

2. Basuki Hadimuljono


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljanto pernah menerima penghargaan International Lifetime Contribution Award 2017 dari Perhimpunan Insyinur Jepang atau Japan Society of Civil Engineers (JSCE).
Basuki mendapatkan penghargaan ini karena dinilai berhasil dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur yang merata di wilayah Indonesia.

3. Retno Marsudi

Menteri Luar Negeri Luar Negeri Retno Marsudi menerima penghargaan Agen perubahan untuk kesetaraan gander dan Pemberdayaan Perempuan dari badan urusan perempuan PBB, UN Women di Markas PBB, New York, Amerika Serikat, Rabu 20 September 2017.
"Puji syukur alhamduliah apa yang dilakukan Indonesia selama ini di bidang diplomasi kemanusiaan dan perdamaian dilihat dunia," kata Menlu Rini setelah menerima penghargaan.

4. Susi Pudjiastuti


Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pada Kamis 11 Mei 2017 menerima anugerah Peter Benchley Ocean Award atas visi dan kebijakan pembangunan ekonomi dan konservasi laut di Indonesia.
Susi selama ini dketahui kerap mengeluarkan kebijakan tegas yang tak jarang oleh sebagian kalangan dinilai kontroversial. Antara lain kebijakan penenggelaman kapal asing yang menangkapa ikan di wilayah Indonesia, kebijakan itu yang melarang penangkapan lobster, kepiting dan ranjungan.
"Ya, meyakinkan saya bahwa apa yang kita lakukan sudah benar, apalagi secara parameter ekonomi kan juga sangat luar biasa. Jadi kita melihat bahwa perang melawan ilegal fishing ini adalah perang yang menguntungkan, tidak ada perang yang menguntungkan selain perang melawan ilegal fishing," kata Susi.
Peter Benchley Ocean Award adalah penghargaan maritim tertinggi di dunia yang bersifat unik, karena tidak saja mengakui prestasi yang dicapai pembuat kebijakan publik tetapi juga warga masyarakat dalam menyelamatkan laut.

5. Yohana Yambise


Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Yohana Yambise menerima penghargaan Outstanding Alumni 2017 dari Simon Fraser University (SFU), Kanada. Penghargaan tersebut dalam kategori Public Sevice Achievement.
Yohana mendapatkan penghargaan ini karena dianggap berhasil memberikan pelayanan publik kepada masyarakat dan perempuan di Papua. Prestasi yang pernah ditorehkannya seperti sebagai guru besar Universitas Cendrawasih ini enjadi pertimbangan SFC memberikan penghargaan tersebut.

6. Nila Moeloek


Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek mendapat dua penghargaan penyelenggaraan kesehatan ibadah haji dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi atas keberhasilan penyelenggaraan kesehatan haji Indonesia 2017 atau 1438 Hijriah.
"Saya menyambut gembira dan terima kasih kepada PPIH Bidang kesehatan Arab Saudi dan Tim Kesehatan Indonesia (TKHI) atas penghargaan dari Kesehatan Arab Saudi atas kegiatan pembinaan pelayanan dan perlindungan kesehatan jamaah haji Indonesia," kata Menkes dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.
Penghargaan yang diterima ialah Health Awareness Ambassador Program In Hajj Season 1438H for Indonesia Hajj Medical Mission 2017. Sebelumnya telah diberikan oleh Kepala Program Kesadaran Kesehatan dalam Haji Muneera Khaled Balahmar kepada dr Etik Retno Wiyati di Gedung KHHI Mekkah.

Sumber : https://www.liputan6.com/news/read/3424906/ditanya-gatot-masuk-cawapres-jokowi-ini-jawaban-nasdem



No comments:

Post a Comment